Cara, Doa dan Niat Shalat Gerhana Matahari

Diposkan oleh mutiara hikmah on Selasa, 08 Maret 2016







Shalat Gerhana Matahari didalam Ajaran Islam adlh Shalat Sunnah yg bisa dilakukan oleh setiap Muslim diseluruh dunia disaat terjadinya Gerhana Matahari. Pengertian Gerhana Matahari sendiri ialah ketika posisi bulan terletak antara Bumi dan Matahari sehingga Bulan tersebut menutupi seluruh or sebagian cahaya Matahari, oleh karena itu Fenomena tersebut didlm aajaran Islam disunnah untuk mengerjakan Shalat Sunnah.

Jumlah Rakaat Shalat Gerhana Matahari sendiri sebanyak dua Rakaat dan Waktu Shalat Gerhana Matahari dilakukan ketika sd terjadi Gerhana Matahari. Sedangkan untuk Hukum Shalat Gerhana Matahari sendiri ialah Sunnah Muakkad atau bisa diartikan sangat baik jika dikerjakan karena akan mendapatkan pahala yg begitu besar, seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi seperti dibawah ini
” Matahari serta Bulan merupakan dua tanda – tanda dari kebesaran Alloh Swt. Alloh mempertakutkan hamba-hambanya dg keduanya. Gerhana Matahari bukan karena matinya seseorang atau lahirnya seseorang. Maka Apabila km melihat yg demikian (Gerhana Bulan atau Gerhana Matahari), maka hendaklah km shalat dan berdoa sehingga selesai Gerhana tersebut (HR. Bukhari dan Muslim)”.
Advertisement

Cara, Doa dan Niat Shalat Gerhana Matahari di Ajaran Islam

tata cara, doa dan niat shalat gerhana matahari terlengkap
Lalu Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Matahari dilakukan dg Jumlah 2 Raka’at dan Cara Shalat Gerhana Matahari dikerjakan seperti mengerjakan Shalat Wajib dan Shalat Sunnah lainnya serta bisa dilakukan secara Berjamaah maupun sendiri – sendiri sehingga Shalat Gerhana Matahari sangat mudah sekali untuk dikerjakan.
Niat Shalat Gerhana Matahari Terlengkap
Untuk Niat Shalat Gerhana Matahari sendiri sudah kami buatkan dibawah secara lengkap dan juga jelas sehingga Niat Shalat Gerhana Matahari ini bisa dijadikan ilmu bermanfaat oleh anda.
Bacaan Niat Shalat Gerhana Matahari di Ajaran Islam

Doa Setelah Shalat Gerhana Matahari di Islam

bacaan doa setelah shalat gerhana matahari di ajaran islam
Setelah anda membaca Niat Shalat Gerhana Matahari maka tinggal anda membaca Surat Al Fatihah, Surat Al Falaq di Raka’at pertama lalu Ruku, Itidal, Sujud dan kembali ke Raka’at kedua sampainya dua salam. Pada intinya Cara Mengerjakan Shalat Gerhana Matahari ini sama persis dg Tata Cara Mengerjakan Shalat Wajib yg diawali dg Niat Shalat dan diakhiri dg dua salam. Lalu setelah selesai mengerjakan Shalat Gerhana Matahari, anda bisa dilanjutkan dg membaca Doa Setelah Shalat Gerhana Matahari dan Doa Shalat Gerhana Matahari yg sudah kami buatkan seperti diatas.
Seperti itulah penjelasan yg bisa kami tulis tentang Niat Shalat Gerhana Matahari dan Cara Shalat Gerhana Matahari kepada anda. Semoga saja tulisan ini mampu berikan Ilmu dan Informasi yg bermanfaaat dan berguna bagi kalian semua para Muslim yg beriman diseluruh dunia.

Google+ Followers