Hukum Meninggalkan Shalat Jum’at

Diposkan oleh mutiara hikmah on Jumat, 02 November 2012




Pertanyaan :
ما هي عقوبة عدم حضور صلاة الجمعة ؟ وما هي الأحاديث الدالة على ذلك؟.
Apakah hukuman tidak menghadiri shalat jum’at ? Dan hadits-hadits yang menunjukkan hal itu ?
Jawaban :
الحمد لله , ترك الجمعة ممن تجب عليه من غير عذر كبيرة من كبائر الذنوب . ومن ترك ثلاث جمعٍ تهاوناً طُبع على قلبه وكان من الغافلين،
Segala pujian untuk Allah, meninggalkan shalat jum’at tanpa adanya udzur bagi orang yang wajib menunaikannya termasuk salah satu dari dosa besar. Dan barangsiapa yang meninggalkan tiga kali shalat jum’at karena malas maka akan hatinya akan ditutup dan dia termasuk orang yang lalai.
كما روى مسلم في صحيحه عن أبي هريرة ، وابن عمر رضي الله عنهما ، أنهما سمعا النبي عليه الصلاة والسلام يقول على أعواد منبره : ” لينتهين أقوام عن ودعهم الجمعات أو ليختمن الله على قلوبهم ، ثم ليكونن من الغافلين ” ،
Sebagaimmana hadits riwayat Muslim dalam shahihnya dari Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, keduanya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda di atas mimbarnya : “Hendaknya suatu kaum benar-benar berhenti dari meninggalkan shalat jum’at atau Allah akan menutup hati mereka kemudian mereka menjadi bagian dari orang-orang yang lalai.
وفي حديثٍ آخر ” من ترك ثلاث جمع تهاونا طبع على قلبه ” .
Pada hadits yang lain, beliau bersabda : “Barangsiapa meninggalkan tiga shalat jum’at karena malas maka hatinya tertutup.”
وهذه عقوبة قلبية ، وهي أشدُّ من العقوبة الجسدية بالسجن أو الجلد ، وعلى وليّ الأمر أن يعاقب المتخلفين عن صلاة الجمعة بلا عذر ، بما يكون رادعاً لهم عن جريمتهم ،
Ini adalah hukuman yang terkait dengan hati, lebih berbahaya dari pada hukuman terhadap jasad, seperti di penjara atau dicambuk. Oleh karena itu wajib bagi seorang pemimpin/pemerintah untuk menghukum orang-orang yang meninggalkan shalat jum’at tanpa adanya udzur untuk memberikan efek jera kepada mereka karena perbuatan maksiat mereka.
فليتق الله كل مسلم أن يضيع فريضة من فرائض الله ، فيعرض نفسه لعقاب الله ، وليحافظ على ما أو جب الله عليه ليفوز بثواب الله ، والله يؤتي فضله من يشاء.      
Hendaknya seorang muslim bertakwa kepada Allah dengan tidak menyia-nyiakan kewajiban yang Allah bebankan, dengan demikian dia menjaga dirinya dari hukuman Allah. Kemudian hendaknya dia menjaga apa yang Allah wajibkan supaya beruntung dengan mendapatkan pahala Allah dan Dia memberi keutamaan-Nya kepada orang yang Dia kehendaki.

A. Arti Definisi / Pergertian Shalat Jumat 
Sholat Jum`at adalah ibadah salat yang dikerjakan di hari jum`at dua rakaat secara berjamaah dan dilaksanakan setelah khutbah. 

B. Hukum Sholat Jum`at 
Shalah Jum`at memiliki hukum wajib `ain bagi laki-laki / pria dewasa beragama islam, merdeka dan menetap di dalam negeri atau tempat tertentu. Jadi bagi para wanita / perempuan, anak-anak, orang sakit dan budak, solat jumat tidaklah wajib hukumnya. 

Dalil Al-qur`an Surah Al Jum`ah ayat 9 : 

" Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari jum`at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." 

C. Syarat Sah Melaksanakan Solat Jumat 
1. Shalat jumat diadakan di tempat yang memang diperuntukkan untuk sholat jumat. Tidak perlu mengadakan pelaksanaan solat jum`at di tempat sementara seperti tanah kosong, ladang, kebun, dll. 
2. Minimal jumlah jamaah peserta salat jum`at adalah 40 orang. 
3. Shalat Jum`at dilaksanakan pada waktu shalat dhuhur / zuhur dan setelah dua khutbah dari khatib. 

D. Ketentuan Shalat Jumat 
Shalat jumat memiliki isi kegiatan sebagai berikut : 
1. Mengucapkan hamdalah. 
2. Mengucapkan shalawat Rasulullah SAW. 
3. Mengucapkan dua kalimat syahadat. 
4. Memberikan nasihat kepada para jamaah. 
5. Membaca ayat-ayat suci Al-quran. 
6. Membaca doa. 

E. Hikmah Solat Jum`at 
1. Simbol persatuan sesama Umat Islam dengan berkumpul bersama, beribadah bersama dengan barisan shaf yang rapat dan rapi. 
2. Untuk menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan antar sesama manusia. Semua sama antara yang miskin, kaya, tua, muda, pintar, bodoh, dan lain sebagainya. 
3. Menurut hadis, doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT akan dikabulkan. 
4. Sebagai syiar Islam. 

F. Sunat-Sunat Shalat Jumat 
1. Mandi sebelum datang ke tempat pelaksanaan sholat jum at. 
2. Memakai pakaian yang baik (diutamakan putih) dan berhias dengan rapi seperti bersisir, mencukur kumis dan memotong kuku. 
3. Memakai pengaharum / pewangi (non alkohol). 
4. Menyegerakan datang ke tempat salat jumat. 
5. Memperbanyak doa dan salawat nabi. 
6. Membaca Alquran dan zikir sebelum khutbah jumat dimulai. 


Google+ Followers