Kiamat 2012, Menurut Pandangan Islam

Diposting oleh mutiara hikmah on Rabu, 12 Desember 2012



Kiamat merupakan hal ghaib yang harus diimani oleh setiap muslimdan yang hanya diketahui oleh Allah swt saja seperti banyak disebutkandidalam Kitab-Nya maupun Sunnah Nabi saw, diantaranya :”
Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. kiamat itu Amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. kiamat itutidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya.Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat ituadalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak Mengetahui
“.(QS. Al A’raf : 187)
Ibnu Katsir mengatakan bahwa firmanAllah,”Katakanlah:’Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalahpada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktukedatangannya selain Dia.” Adalah perintah Allah swt kepada nabi-Nya saw apabila beliau saw ditanya tentang waktu terjadinya kiamat makahendaklah beliau saw mengembalikan pengetahuan tentang itu kepadaAllah swt. Sesungguhnya Dia lah yang menjelaskan waktu kedatangannyaatau mengetahui kejelasan perkara itu dan kapan kepastian waktunya.(Tafsir Ibnu Katsir juz III hal 518)”
Manusia bertanya kepadamu tentang hari berbangkit. Katakanlah:”Sesungguhnya pengetahuan tentang hari berbangkit itu hanya di sisi Allah”. dan tahukah kamu (hai Muhammad), boleh Jadi hari berbangkit itu sudah dekat waktunya
.” (QS. Al Ahzab : 63)
Diriwayatkan dari Abdullah bin Umar ra bahwasanya Rasulullah saw bersabda,”
Kunci-kunci ghaib itu lima,’Sesungguhnya hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari kiamat, dan Dia-lah yang menurunkanhujan, dan mengetahui apa yang ada didalam rahim. Dan tiadaseorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akandiusahakannya besok, dan tiada yang seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah MahaMengetahui lagi Maha Mengenal
.” (HR. Bukhori)
Al Qurthubi menyebutkan pendapat Ibnu Abbas yang mengatakanbahwa kelima kunci-kunci ghaib tersebut tidaklah ada yangmengetahuinya kecuali Allah swt. Hal itu juga tidak diketahui oleh paramalaikat, para Nabi yang diutus. Maka barangsiapa yang menganggapbahwa dirinya mengetahui sesuatu tentang itu semua maka orang itutelah mengingkari Al Qur’an dikarenakan ia telah menyalahinya. (Al JamiLi Ahkamil Qur’an juz XIV hal 400)Dan juga jawaban Rasulullah saw ketika ditanya oleh Malaikat Jibriltentang kapan terjadinya kiamat maka beliau saw besabda,”Orang yangditanya tidak lebih mengetahui daripada yang bertanya.” (HR. Muslim)Hadits tersebut menjelaskan bahwa diri Rasulullah saw dan juga orangyang bertanya (Jibril) tidaklah mengetahui tentang waktu terjadinyakiamat.Syeikh Yusuf al Qaradhawi pernah ditanya tentang akan hancurnyaalam ini pada tahun 2012 ?! Beliau menjawab bahwa ini termasukpembicaraan tentang sesuatu yang akan datang, menerobos tabir masayang akan datang, menyingkap apa-apa yang mungkin terjadi pada andabesok atau lusa, dan itu semua tidaklah ada yang mengetahuinya kecualiAllah swt.”
Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok
.” (QS. Luqman : 34)
Seseorang mungkin mengetahui sesuatu dengan berbagaiindikatornya akan tetapi hal itu hanyalah sebatas dugaan bukanlahkepastian.”
dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana diaakan mati
.” (QS. Luqman : 34)Ramalan akan adanya kiamat pada 2012 dari suku Mayasebenarnya belum diketahui dasar perhitungannya. Tetapi issu ini sudahmenyebar luas lewat media Internet. Sebagai Muslim, saya hanya yakinbahwa Kiamat ada dan PASTI akan datang. Dan waktunya, kita tidak adayang tahu, apalagi sampai menyebut tanggal. Tentang waktu, kapan kiamat terjadi, ummat Islam hanyadiberi , berupa tanda2 datangnya kiamat yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Bila tanda-tanda sudah ada, maka hari yang dimaksudmemang sudah dekat. Tetapi tepatnya kapan, kembali ke konsep dasar,Ummat Islam tidak ada yang boleh menyebut waktu, baik hari, tanggal,bulan maupun tahunMengenai Planet X (Nibiru) bukti-bukti astronomis yang digunakan untuk teori-teori Planet ini benar-benar melenceng.
Pada 18 Jun ,peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya kita telah membuahkan hasil. Dari perhitungan mereka, mungkin saja terdapatsebuah planet yang sedikit lebih besar daripada sebuah obyek Plutoid atau planet kerdil, tetapi tentu lebih kecil dari Bumi, yang mengorbit Matahari dengan jarak lebih dari 100 SA. Tetapi sebelum kita terhanyut pada penemuan ini, planet ini bukan Nibiru, dan bukan pula bukti akanberakhirnya dunia ini pada 2012. Penemuan ini penemuan baru danmerupakan perkembangan yang sangat menarik dalam pencarian planet-planet minor dibalik Sabuk Kuiper.Allah lah yang mengetahui kebenaran hakikinya bahkan terhadapberbagai penafsiran tentang alam semesta ini, perkembangan alam maupun kehidupan yang seluruhnya merupakan teori-teori, seperti halnyateori ledakan besar, teori ini dan itu. Dan sebagaimana sebuah teori makaada pula sebagian ilmuwan lainnya yang melakukan penyanggahanterhadapnya dengan berbagai teori lainnya dan begitulah selanjutnya.Adapun hakekat kebenarannya didalam permasalahan ini tidaklahada yang mengetahuinya kecuali Allah swt sebagaimana disebutkandidalam Al Qur’an.
 
BAB III KESIMPULAN
Sebagai seorang muslim kita percaya bahwa kiamat pasti akan terjadi. Kapanterjadinya? Hanya Allah SWT Yang Maha Tahu. Kita hanya tahu lewat tanda-tandaakan datangnya hari Kiamat itu. Pada manuskrip peninggalan suku Maya yangtinggal di selatan Meksiko atau Guatemala yang dikenal menguasai ilmu Falak,disebutkan bahwa kiamat akan terjadi pada 21 Desember 2012. Disebutkan jugapada waktu itu akan muncul gelombang galaksi yang besar-besaran sehinggamengakibatkan terhentinya semua kegiatan di muka Bumi ini.Serta kemunculanPlanet X (Nibiru) ke system tata surya kita yang menjadi penyebab terjadinyaberbagai bencana pada Planet-planet yang dilewatinya.
Adanya ramalan bahwa dunia akan berakhir pada tanggal 21 Desember 2012 tentunya tidaklah membuat risau apalagi ketakutan didalam diri seorang mukminyang mengimani perkara-perkara yang ghaib, yang mengimani bahwa segalasesuatu yang terjadi di alam ini adalah atas kehendak Allah swt dan apabila Dia swttidak berkehendak maka sesuatu itu tidak akan terjadi. Tentang waktu, bila kiamat terjadi, ummat Islam hanya diberi berupa tanda2 datangnya kiamat yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadits. Bila tanda-tanda sudah ada, maka hari yang dimaksud memang sudah dekat. Tetapi tepatnya kapan, kembali ke konsep dasar, Ummat Islam tidak ada yang boleh menyebut waktu, baik hari, tanggal, bulan maupun tahun.

Google+ Followers