Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah

Diposting oleh Mutiarahikmah on Sabtu, 03 Agustus 2013


Tak terasa sudah hampir sebulan penuh kita puasa,itu artinya Ramadhan akan segera meninggalkan kita semua,dan belum tentu di tahun yang berikutnya Allah masih memberikan kita nafas untuk bertemu lagi denganya ,dan dengan tinggal menghitung hari saja ummat Islam akan merayakan hari yang dinanti nantikan yaitu Hari raya Idul Fitri dimana hari itu orang orang muslim di seluruh dunia akan saling memaafkan dan saling bergembira demi menyambutnya yaitu dengan mengumandangkan kebesaran Allah dengan Takbir semalaman penuh.
Tapi sebelum hari itu tiba kita diwajibkan untuk membaya zakat fitrah yang merupakan kewajiban setiap muslim dan muslimah yaitu untuk memberikan bahan makanan pokok yakni beras yang besarnya sudah di tentukan yaitu 3 liter beras atau setara dengan 2.5 kg beras yang di berikan kepada yang berhak misalnya fakir dan miskin sebelum tanggal 1 syawal atau Idul fitri.

“Nabi memerintahkan zakat fitri satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum.” ((Shahih, HR. Al-Bukhari, Kitabuz Zakat Bab Fardhu Shadaqatul Fithri 3/367, no. 15037)

Dari Lafadz hadits tersebut terlihat jelas bagi kita bahwa Nabi menfardhukan dan memerintahkan, sehingga hukum zakat fitrah adalah wajib.
Hanya sebagai pengingat untuk teman-teman muslim dan muslimah pada kewajiban zakat fitrah ini tentunya tidak luput dari bacaan atau do’a yang harus kita bacakan yaitu do’a mengeluarkan zakat fitrah dan bagi anda yang menerima juga harus membacakan do’a menerima zakat fitrah.

1. Bacaan Doa mengeluarkan Zakat Fitrah :

نَوَيْتُ أَنْ أُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِىْ فَرْضًا ِللهِ تَعَالَى

Di eja :  Nawaitu an-ukhrija zakaatal fithri 'annafsii fardhan lillahi ta'aalaa
Artinya : "Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah pada diri saya wajib karena Allah ta'ala"


2. Bacaan Do’a Menerima Zakat fitrah :

ءَاجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَ اللهُ لَكَ طَهُوْرًا

Artinya : "Sengaja Allah senantiasa memberi pahala kepada engkau, pada barang yang telah engkau berikan dan mudah-mudahan allah memberikan berkah kepada engkau pada apa saja yang tinggal pada engkau serta mudah-mudahan dijadikannya kesucian bagi engkau"

Dengan mengingatkan kembali Bacaan do’a mengeluarkan zakat fitrah dan bacaan do’a menerima Zakat fitrah ini semoga bisa bermanfaat. 
Mohon maaf jika ada kata atau arti yang salah.salam ukhuwah......