Mari Kita Mengenal Para Imam Masjidil Haram

Diposting oleh Mutiarahikmah on Kamis, 30 Agustus 2012

sheikh shuraim1 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram Pertama
-Syaikh DR. Su’ud bin Ibrahim as-Syuraim
Lahir pada tahun 1386 H, di Saqra’ Riyadh.
Pendidikan : fakultas Ushuluddin Jami’ah al-Imam Muhammad bin Su’ud al-Islamiyah. Lulus tahun 1409 H, kemudian Ma’had ‘Ali untuk para hakim. Mendapatkan gelar Magister pada tahun 1413 H.
Pekerjaan : mantan hakim, pengajar di Masjidil Haram, Dekan fakultas Syari’ah di Jami’ah Ummul Qura’ Makkah.
Pengangkatan sebagai Imam Masjidil Haram tahun 1414 H. Beliau memiliki sejumlah besar onta, yang beliau habiskan sebagian waktu dengannya.Beliau memberikan perhatian besar dalam mensyarah kitab Tauhid di Masjidil Haram.
Beliau terkenal dengan syair dan kalimat-kalimat yang lembut yang menyentuh.
Diantara karya tulis beliau adalah al-Syamil fil Khathib wal-Khuthbah, sudah diterjemah ke dalam bahasa Indonesia dan diedit oleh Ustadz Agus Hasan Bashori (pimred Qiblati) dengan judul Ensiklopedi Khuthbah atau panduan khathib, atas izin beliau oleh penerbit Darus sunnah Jakarta.
Syaikh DR Shalih bin Abdillah Alu Humaid 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram kedua :
-Syaikh DR. Shalih bin Abdillah Alu Humaid
Lahir  tahun 1369 H di Buraidah.
Pendidikan : Mendapat gelar doktor bidang Fiqih dan Ushul Fiqh tahun 1402 H.
Profesi :  Ketua Majelis Syura dan anggota Haiah Kibarul Ulama.
Beliau ditetapkan sebagai Imam Masjidil Haram pada 1 Muharram 1404 H.
Beliau mengimami sekali dalam sebulan yaitu untuk shalat Subuh. Sebagian besar waktu digunakan beliau untuk urusan Majelis Syura. Beliau datang sekali sebulan untuk khutbah Jum’at. Beliau memberikan perhatian besar terhadap tafsir al-Qur’an al-Karim.

3 syaikh dr shalih bin muhammad alu thalib 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram ketiga :
Syaikh DR. Shalih bin Muhammad Alu Thalib
Beliau lahir pada tahun 1393 H di Riyadh.
Dinobatkan srbagai Imam Masjidil Haram pada tahun 1423 H.
Beliau bekerja sebagai Qadhi di Pengadilan Tinggi Makkah dan sangat cakap dalam pekerjaannya.

4 syaikh dr usamah bin e28098abdillah khayyath 88x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram keempat :
Syaikh DR. Usamah bin ‘Abdillah Khayyath
Lahir tahun 1375 H di Makkah al-Mukarramah.
Syaikh Usamah mendapatkan ijazah sanad dalam meriwayatkan kutubus sunnah dan seluruh kitab induk hadits lainnya.
Beliau belajar di Makkah dan lulus dari Fakultas Kitab dan Sunnah pada tahun 1396 dengan predikat cumlaude pada peringkat  pertama.
Profesi : pengajar di Masjidil Haram, mantan Anggota Majelis Syura, Dosen di Fakultas Syari’ah Jami’ah Ummul Qura’.
Ditetapkan sebagai imam Masjidil Haram pada tahun 1418 H.
Beliau dikenal dengan gaya bahasa penyampaian yang kuat, yang mampu menggetarkan hati. Beliau adalah satu-satunya imam masjid yang ayahnya juga seorang imam dan khatib masjidil Haram.

Syaikh DR Abdurrahman bin %E2%80%98Abdil %E2%80%98Aziz as Sudais 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram Kelima :
Syaikh DR, Abdurrahman bin ‘Abdil ‘Aziz as-Sudais
Lahir pada tahun 1382 di Riyadh. Hafidzul Qur’an pada usia 12 tahun.
Besar di  Riyadh dan lulus pendidikan dasar ‘Mathna bin Hartha’ semacam akademi ilmu pengetahuan. Mendapat berbagai macam beasiswa termasuk dari Syaikh Abdullah Munaif and Syaikh Abdullah bin Abdul Rahman al Tuwayjiri. Thn 1399 H beliau lulus dari akademi ini dengan predikat “Excellent” kemudian  melanjutkan ke Fakultas Syari’ah. Setelah itu beliau menjadi Imam dan Khotib di Masjid Syaikh al-Allam Abdul Razzaq Afifi. Beliau juga mengajar di Akademi Imam al-Dawa Al-Almy.
Pada tahun 1404 beliau ditunjuk sebagai Imam dan Khotib Masjid al-Haram, Makkah.  Pertama kali mengimami di masjidil Haram pada sholat Ashr tanggal 22 Sya’ban 1404H (22 Agustus 1404H). Khutbah pertama pada hari kelima belas bulan Ramadhan 1404H (15 September 1404H). Dalam tahun yang sama, Dr. Abdul Rahman mendapat gelar Master Degree, dengan predikat “Excellent” dari Universitas Syari’ah Imam Muhammad bin Saud. Menjadi guru asisten di Universitas terkemuka Ummul Qura’, Makkah, di mana beliau mendapatkan gelar Doktornya, dan lagi-lagi lulus dengan predikat “Excellent” pada tahun 1416H. Beliau ditunjuk menjadi Dosen Fakultas Syari’ah di Universitas Ummul Qura’.
Dan beliau ditetapkan sebagai Imam Masjidil Haram pada tahun 1404 H saat umur beliau 22 tahun.
 Imam Masjidil Haram keenam
Syaikh Mahir bin HaSyaikh Mahir bin Hamd al Muaiqili1 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?md al-Mu’aiqili Syaikh Mahir bin Hamd al Mu%E2%80%99aiqili1 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?
Lahir dan besar di Madinah kemudian beberapa tahun yang lalu pindah ke Makkah al-Mukarramah sebagai pengajar di Sekolah Menengah.
Beliau diangkat sebagai Imam Masjidil Haram pada tahun 1428 H, yang sebelumnya beliau adalah Imam Masjid Nabawi pada tahun 1427 H.

belum dapat1 118x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram ketujuh :
Syaikh Muhammad bin ‘Abdillah as-Subayyi
Beliau lahir pada tahun 1345 H, di Qashim.
Beliau adalah anggota Kibarul Ulama, dan anggota al-Majma’ al-Fiqhi.
Beliau adalah mantan Ketua Umum Urusan Masjidil Haram Makkah dan Madinah juga anggota Haiah Kibarul Ulama.
Beliau diangkat sebagai Imam Masjidil Haram pada tahun 1385 H.
Mulai tahun ini, beliau tidak mungkin mengimami di Masjidil Haram karena usia beliau yang sudah lanjut, juga karena kondisi kesehatan beliau. Mudah-mudahan Allah I menyembuhkan beliau. Sudah bertahun-tahun beliau mengimami shalat ‘Isya’. Beliau tergolong Imam Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang paling lama.

Syaikh %E2%80%98Abdullah bin %E2%80%98Awad al Juhani 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Syaikh %E2%80%98Abdullah bin %E2%80%98Awad al Juhani 2 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam masjidil Haram kedelapan :
Syaikh ‘Abdullah bin ‘Awad al-Juhani
Lahir : 1396 H di Madinah.
Pendidikam : Fakultas al-Qur’anul Karim Jami’ah Islamiyah.
Beliau adalah imam empat masjid besar yaitu Masjidil Haram, Masjid Nabawi, Masjid Quba’ dan Masjid Qiblatain.
Beliau sekarang adalah Mahasiswa S2 di Ummul Qura’. Pada usia 16 tahun beliau telah mengikuti lomba hafal Qur’an di Makkah dan memperoleh peringkat pertama.
Mendapat ijazah membaca al-Qur’an dari para ulama Qiraah Internasional antara lain :  Syaikh az-Ziyat , Syaikh Ibrahim al-Akhdhor Ulama ahli Qur’an di Masjidil Haram, dan DR. ‘Ali al-Khudzaifi, Imam Masjid Nabawi di Madinah.
Syaikh DR. Khalid al Ghamidi 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Imam Masjidil Haram kesembilan :
Syaikh DR. Khalid al-Ghamidi
Lahir tahun 1388 H di Makkah.
Ditetapkan sebagai Imam Masjidil Haram bulan Dzul Hijjah tahun 1428 H.  Mulai mengimami pada bulan Muharram tahun 1429 H.
Meraih gelar Magister dan doktoral dalam bidang tafsir di Jami’ah Ummul Qura’.
Syaikh DR. Faishal Ghazawi 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?Syaikh DR. Faishal Ghazawi 2 120x120 Tahukah Anda Imam Imam Masjidil Haram ?
Imam masjidil Haram kesepuluh :
Syaikh DR. Faishal Ghazawi
Lahir tahun 1388 H di Makkah al-Mukarromah.
Ditetapkan sebagai Imam Masjidil Haram pada bulan Dzul Qa’dah 1428 H.
Meraih gelar Magister dan doktoral di Jami’ah Ummul Qura’.
Saat ini beliau bekerja di Fakultas Qiraah di Universitas yang sama.
Dengan demikian jumlah imam masjidil Haram adalah sepuluh orang. Masing-masing imam memiliki imam pengganti  saat imam tersebut berhalangan hadir. Mereka mendapatkan santunan bulanan sekitar 10 ribu riyal selain gaji tetap mereka  dari berbagai Universitas. Demikianlah sekelumit biografi singkat imam-imam Masjidil Haram. Semoga Allah memberikan balasan kepada mereka dengan sebaik-baiknya, amin.