Pondok Pesantren Darul Hikmah Jember

Diposkan oleh mutiara hikmah on Kamis, 16 Agustus 2012

Pondok pesantren ini berdiri pada 1987 dan didirikan oleh KH. Drs. Achmad Nashihin AR. Setelah beberapa tahun kemudian, mulailah berdiri pendidikan formal yang pertama berdiri yaitu MI Miftahul Ulum yang diprakarsai oleh beberapa tokoh masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan berdirinya MTs. Akbar, SMA Plus, SMK, SMP dan SD Darul Hikmah yang letaknya di kelurahan Kranjingan kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember, selain dari pada itu berdiri lembaga Non Formal yaitu : Madrasah Diniyah, TPQ dan TPA serta Lembaga bimbingan haji yang terkenal dengan nama “KBIH AL-GHAZAALIE” Dan AL-GHAZAALIE CITRA UTAMA.
Kegiatan Pondok Pesantren Darul Hikmah :
Kegiatan Pondok Pesantren dimulai pada pukul 03.30 Qiyamul Lail, dilanjutkan dengan Sholat Shubuh berjamaah kemudian pengajian kitab kuning, Sholat Dhuha bersama- sama, kemudian dilanjutkan dengan Madrasah diniyah.setelah kegitan formal dilanjutkan dengan sholat Ashar berjamaah, kemudian pembacaan Rotibul Haddad, sholat magrib dan Isya’dan dilanjutkan dengan Istighosah dan belajar bersama- sama.

Ada apa dengan Pondok Pesantren ”DARUL HIKMAH” JEMBER? Tanya kenapa ?
.
Pondok Pesantren ”DARUL HIKMAH” berdiri atas dasar kebersamaan pemikiran para tokoh masyarakat yang berada di sekitar lingkungan kelurahan Kranjingan kecamatan Sumbersari, seiring dengan perkembangn mts akbar mulai di lengkapi dengan sarana dan prasarana yanng memadai serta di dukung tenaga tenaga pendidik yang profesional serta berkualitas dan kompeten dibidangnya.

Visi..:
“Menciptakan Insan Berpretasi dan Mandiri dengan berlandaskan Iman, Taqwa dan Akhlaqul Karimah”

Misi…:
 Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam serta budaya bangsa sebagai sumber kearifan dalam bertindak
 Mengembangkan potensi akdemik peserta didik secara optimal sesuai dengan minat dan bakat melalui proses pembelajaran yang baik
 Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif kepada peserta didik di bidang keterampilan sebagai modal untuk terjun ke dunia kerja

Sarana dan Prasarana…:

 Gedung Pembelajaran
 Tempat Ibadah
 Asrama Putra
 Asrama Putri
 Laboratorium Multimedia
 Laboratorium Komputer
 Laboratorium IPA
 Aula Pertemuan / Auditorium
 Perpustakaan
 Unit Kesehatan Sekolah
 Prasarana olah raga
 Koperasi dan kantin

Program Unggulan..:
• Bahasa Arab - Inggris
• Kajian kitab kuning, Tahfidz Al-Quran dan Asmaul Husna
• Lembaga Bimbingan Belajar siap UNAS


Program Pengembangan Bakat:

• Madrasah Diniyah
• Tilawatil Qur’an dan Manasik Haji
• Olah Raga
• Kursus Komputer
• Bimbingan Konseling
• Paskibraka

Google+ Followers