Butuh 3 M untuk Ibadah Sholat

Diposting oleh mutiara hikmah on Jumat, 01 Maret 2013


Iya, saya butuh 3 M nih, karena saya sedang bermasalah dengan ibadah harian saya. Bagaimana tidak, belakangan ini saya kesulitan untuk sholat dengan khusyu.  Sholat khusyu’ ? kok susah banget yaaa……..
Gimana nggak susah coba, lagi sholat eh yang keinget mau masak apa ya, mau ngapain lagi ya. Yang ada, selesai sholat dapet deh menu sama planning buat 3 hari kedepan. Apalagi setelah gabung 1 bulan  di Kompasiana, pas sholat eh malah ide-ide yang terpendam pada berloncatan keluar. Waduuh…..sebegitu parahkah saya?
Yah memang demikianlah kualitas sholat saya, karena sholat bagi saya masih sebatas ritual belaka. Mengerjakan sholat  sekedar kewajiban. Padahal kan nggak ada  ya perintah mengerjakan sholat, ada juga mendirikan sholat. Dalam lantunan azan juga demikian ….Haya alas sholah…….mari dirikan sholat.
“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang khusyu’ dalam sholatnya”  Itu firman Allah, janji Allah dalam surat Al Mu’minuun (Qs 23 ; 1,2), waduuh siapa yang nggak mau???
1328084965255469183
So, sholat khusyu itu yang seperti apa ya? Sholat khusyu’ itu ya seperti yang dicontohkan Rasulullah. Yaitu yang menghadirkan hati,  mengosongkan hati untuk sementara dari kesibukan duniawi, fokus hanya kepada Allah, tetapi bukan berarti tidak perduli pada sekitarnya.  Jadi para ibu yang  punya batita  bisa tetep sholat  dengan khusyu. Kalau anak nangis ibu bisa menggendongnya tanpa perlu membatalkan sholat. Selain itu kedepankan rasa takut, malu dan harap hanya kepada Allah, karena dalam tafsir Ibnu Katsir arti khusyu’ adalah takut (khoimun)  dan tenang (sakinun).
Nah setelah tahu demikian, saya jadi pengen banget nih jadi orang yang beruntung, seperti janji Allah dalam ayat-ayat cinta-Nya. Tapi, namanya pingin untung ya harus punya modal kan. Paling tidak saya harus siapkan minimal 3 M nih sebagai Modal Awal.
1. Merubah paradigma, sholat yang tadinya kewajiban diubah menjadi kebutuhan ruhiyah, karena shalat adalah sebuah fasilitas untuk berkomunikasi dan terkoneksi langsung dengan Sang Khalik.
2. Merubah motivasi,  tadinya sekedar setor muka 5x sehari menjadi 5 golden momentmenghadap Allah. Wah berarti ini  adalah  momen yang sangat spesial ya,  siapin  baju yang bersih dan rapi dulu yuk biar tambah cantik.
3. Menghadirkan hati, ketika sholat pilih surat  pendek yang bisa dipahami artinya, baca dengan suara lirih, tartil dan tenang. Semua gerakan sholat juga dilakukan dengan tidak tergesa-gesa, karena  demikianlah  salah satu ciri  orang yang khusyu’ dalam sholatnya. Kalau pikiran mulai melayang, cepat kembali luruskan niat.
Semoga dengan 3 M sebagai modal awal kualitas sholat saya bisa diperbaikiinsyaAllah. Selain itu pastinya harus diiringi dengan doa ya, mohon  agar Allah melimpahkan karunia hati yang khusyu’ . Dan kepada teman-teman pembaca, bila berkenan, tambahkan lagi ya modalnya untuk saya……

Google+ Followers